Sekda Tanjungbalai Yusmada Bungkam Ditanya Sosok 8 Bekingan Azis Syamsuddin di KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) nonaktif Tanjungbalai, Yusmada, hari ini, Kamis (21/10/2021). Usai diperiksa, Yusmada ogah memberikan penjelasan tentang orang dalam mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Yusmada memilih untuk langsung masuk ke mobil tahanan.

Tak ada sepatah kata pun yang keluar dari mulutnya. Yusmada merupakan orang yang menyebut ada delapan bekingan Azis Syamsuddin di KPK. Dia membeberkan itu saat menjadi saksi dalam persidangan dugaan suap penanganan perkara di Tanjungbalai.

Terpisah, mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju menyebut orang dalam Azis di bekas kantornya tidak ada. Robin menegaskan hal itu usai diperiksa KPK pada Selasa (19/10/2021). "Saya jawab enggak ada seperti di keterangan saya sebelumnya," ujar Robin.

Sebelumnya, Azis Syamsuddin disebut punya delapan orang bekingan di KPK. Novel Baswedan mengaku sudah mengetahui hal tersebut. Novel mengaku tahu karena dirinya merupakan orang pertama yang melaporkan permainan kotor Stepanus Robin Pattuju.

Saat mengetahui tindakan Robin, Novel tidak percaya dia bermain sendiri. "Yang ungkap kasus ini adalah tim saya," kata Novel di akun Twitter @nazaqistsha, Rabu (6/10/2021). Novel tidak memerinci nama nama orang yang diduganya membantu Robin.

Namun, dia yakin orang orang itu terafiliasi dengan Azis Syamsuddin. Nama nama itu sudah dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. "Saya juga sudah laporkan masalah tersebut ke Dewas tetapi tidak jalan," tutur Novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.