Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 185 186 187 188 189 Subtema 3 Pembelajaran 4 Buku Tematik SD

Simak kunci jawaban Tema 7 Kelas 5 SD untuk halaman 185, 186, 187, 188, dan 189 Buku Tematik SD dalam artikel ini. Kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, terlebih dahulu siswa harus menjawab soal sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Berikut Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 185 186 187 188 189 Tematik Subtema 3 Pembelajaran 4, dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber lainnya: Pahamilah bacaan "Beda Budaya, Tetap Saudara"! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom kolom berikut!

Cara Melestarikan Budaya Bangsa Mengembangkan budaya daerah sendiri Mempunyai sikap mau menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat

Mempelajari kesenian daerah lain Pada saat merencanakan sebuah acara seperti pentas seni, biasanya kamu juga membuat daftar pihak pihak yang perlu diundang untuk menghadirinya. Oleh karena itu, kamu perlu membuat surat undangan. Dengan menggunakan tempat yang tersedia di bawah ini, buatlah sebuah surat undangan resmi untuk menghadiri kegiatan pentas seni yang diadakan di sekolahmu.

Bersama dengan teman sebangkumu, jawablah pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang lengkap dan jelas. 1. Semboyan bangsa kita adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda beda, tetapi tetap satu jua. Berikan contoh yang mencerminkan kebhinnekatunggalikaan di daerah tempat tinggalmu! Kegiatan gotong royong membangun tempat ibadah, dimana dihadiri oleh warga yang berlainan agama.

Kerja bakti membersihkan lingkungan desa, dimana warga yang mengikuti berasal dari berbagai etnis atau suku. Kegiatan musyawarah pelaksanaan lomba memperingati hari kemerdekaan Indonesia. 2. Keanekaragaman terbukti tidak menjadi penghalang terwujudnya persatuan dan kesatuan. Bagaimanakah caramu turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?

Cara untuk turut serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah dengan mempelajari kesenian dan kebudayaan daerah lain, memberi bantuan tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah, menjalin pergaulan antarsuku bangsa, dan sebagai seorang siswa harus rajin belajar. 3. Perbedaan merupakan hal yang biasa yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itulah, kita harus menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat. Tuliskan tiga contoh perilaku yang dapat kamu lakukan untuk menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat! Tidak menganggap suku dan budaya sendiri lebih unggul dari suku maupun budaya etnis atau suku lain.

Berteman dengan orang orang yang berasal dari suku dan budaya yang berbeda beda dengan kita. Ikut serta meramaikan kegiatan budaya yang diselenggarakan di lingkungan sekitar yang diselenggarakan oleh warga dengan berbagai suku bangsa. Kamu telah mempelajari keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kamu tentu menyadari bahwa keragaman merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari. Contohnya setiap temanmu memiliki latar belakang yang berbeda denganmu. Meskipun memiliki sejumlah perbedaan, persahabatan dengan teman tetap bisa terjalin, bukan? Dalam pergaulan, sudah selayaknya kita mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi.

Lalu, bagaimanakah caramu menyikapi perbedaan dan keragaman yang ada di sekitar tempat tinggalmu? Kamu tentu pernah mengamalkan sikap dan perilaku yang mencerminkan keragaman di bawah ini. Namun, jika belum pernah mengamalkan, kamu bisa segera mengamalkannya. 1. Menghargai pendapat teman (sudah) Bukti atau Alasan: Saat musyawarah di kelas semua pendapat ditampung dan dipilih yang terbaik. 2. Bersahabat dengan teman yang berkebutuhan khusus (sudah) Bukti atau Alasan: Di sekolah berteman dengan siapa saja baik anak yang normal maupun yang berkebutuhan khusus.

3. Menolong teman yang kekurangan (sudah) Bukti atau Alasan: Saat teman sedang membutuhkan bantuan, saya siap membantu. 4. Mendukung hobi teman meskipun berbeda dengan hobimu (sudah) Bukti atau Alasan: Saat teman berlatih sepak bola, saya memberikan semangat walaupun tidak senang dengan olahraga tersebut. 5. Menghormati asal usul teman (sudah) Bukti atau Alasan: Tidak mentertawakan gaya berbicara teman yang berasal dari Tegal (ngapak).

6. Tidak membeda bedakan teman berdasarkan agama (sudah) Bukti atau Alasan: Semua siswa di sekolah adalah teman walaupun mungkin mereka berbeda agama. 7. Menghormati tradisi yang dianut teman (sudah) Bukti atau Alasan: Saat teman melaksanakan upacara tradisi kita hadir untuk menghargainya. 8. Mempelajari kesenian dari daerah lain (sudah) Bukti atau Alasan: Ikut serta meyaksikan pertunjukan kesenian daerah lain.

9. Menghormati bahasa daerah dari suku bangsa lain (sudah) Bukti atau Alasan: Ikut serta mempelajari bahasa daerah siswa yang berasal dari daerah lain. 10. Tidak membedakan teman berdasarkan kaya atau miskin (sudah) Bukti atau Alasan: Berteman dengan siapa saja di lingkungan sekitar, baik dia kaya atau miskin. 11. Menjenguk teman yang sakit (sudah) Bukti atau Alasan: Saat teman sakit, teman satu kelas bersama sama menjenguk ke rumahnya.

12. Menghargai perilaku teman meskipun berbeda dengan perilakumu (sudah) Bukti atau Alasan: Mengijinkan teman melaksanakan ibadah sesuai agamanya saat belajar kelompok. 13. Menyaksikan pertunjukan kesenian dari daerah lain (sudah) Bukti atau Alasan: Hadir dan menyaksikan pertunjukan Tari Jaipong di lingkungan rumah. 14. Mempelajari lagu tradisional (sudah) Bukti atau Alasan: Menyanyikan lagu Es Lilin dari Jawa Barat.

15. Menyaksikan upacara adat dari daerah lain (sudah) Bukti atau Alasan: Menyaksikan upacara adat Ruwatan Bumi (Jawa Barat). 1. Sebagai makhluk sosial, manusia bergantung kepada manusia lain. Karena itu, saya berjanji saling mengasihi dan menyayangi. Dengan demikian, saya dapat bekerja sama dengan orang lain. 2. Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa dan budaya. Saya berjanji untuk menghargai suku bangsa dan budaya lain dengan cara mempelajarinya.

3. Prinsip keadilan sosial dan kerja keras perlu dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, saya berjanji bersikap adil dan bekerja keras dengan cara giat belajar untuk mengisi kemerdekaan. Mintalah orang tuamu bercerita tentang kesenian daerah yang sering mereka saksikan pada waktu kecil. Kemudian, bandingkan dengan kesenian daerah yang sering kamu saksikan sekarang. Apakah masih ada kesenian daerah pada waktu orang tuamu masih kecil hingga sekarang? Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Posts

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 141 142: Konferensi Meja Bundar Indonesia (KMB)

Artikel ini memuat kunci jawaban Tema 7 Kelas 5 SD/MI halaman 141 dan 142 Subtema 2 Pembelajaran 6. Soal dalam kunci jawaban ini adalah penjelasan tentang Konferensi…

Leave a Reply

Your email address will not be published.